Cari SKP, kok Cap Cip Cup ?
Sepasang
mata berkali-kali lipat tertuju pada kertas putih yang tertempel di tembok.
“Maan SKP sing ne nah?,” ketus seorang mahasiswa Universitas Udayana.
Begitulah skenario yang tertangkap di
salah satu fakultas Universitas Udayana saat membaca pamflet acara seminar. “Maan SKP sing ne nah?”, yang jika
di-Indonesiakan, “dapat SKP tidak ini ya?”, sudah tidak asing lagi di telinga I
Putu Andika Suryanatha Budi Sentana, mahasiswa fakultas Pertanian. “Kalau nggak ada SKP, nggak banyak mahasiswa yang dateng.
Padahal menurutku, SKP bisa dicari pelan-pelan. Malah yang seharusnya dikejar
itu adalah SKS,” ujar Andika.
Pemberlakuan SKP dimunculkan sebagai
perantara suatu sistem yang dapat menumbuhkembangkan minat dan mendorong
mahasiswa agar mengikuti kegiatan. Karena pada awalnya, mahasiswa kurang
memiliki minat untuk mengasah soft skill melalui kegiatan di luar akademik.
Namun, pemahaman dan niat mahasiswa berkata lain. Kacamata mahasiswa pun
cenderung memiliki pemikiran yang instan mengenai SKP. SKP malah dijadikan
tujuan utama dalam kegiatan-kegiatan organisasi di fakultas ataupun di lingkup
universitas. Bahkan seperti yang terlihat di lapangan, mahasiswa enggan untuk
mengikuti organisasi tingkat universitas.
“Biar cepet, aku cuma nyari-nyari seminar-seminar yang ada SKP-nya. Kalau
organisasi, males banget deh. Poin
SKP untuk yang ikut organisasi juga nggak
beda-beda jauh sama yang cuma ikut seminar. Jadi, mending ikut seminar aja,”
beber mahasiswi Universitas Udayana yang tidak mau disebutkan identitasnya.
Pengakuan tersebut adalah bukti bahwa mahasiswa kebanyakan tidak care terhadap kemampuan soft skill mereka.
Karena kurang pahamnya mahasiswa akan
tujuan SKP, akhirnya mahasiswa tekun mengikuti kegiatan instan yang kurang
mengembangkan kepemimpinan mahasiswa. Menurut Kadek Diah Pradnyani, selaku
bendahara BEM Fakultas Pertanian, Universitas Udayana, kondisi mahasiswa yang
sibuk dengan perkuliahan dan pandangan individual menjadi faktor yang
mempengaruhi mahasiswa ke jalan instan untuk mengejar SKP.
“Menurutku, SKP itu ada lebih ada
kurangnya sih. Lebihnya, ada
partisipan walaupun kadang memaksa. Tapi secara nggak langsung mereka mendapatkan dampak positif dari kegiatan itu.
Negatifnya, karena niat awal bukan untuk acaranya, jadinya kadang mereka yang
cuma ngincer SKP jadi peracau,” jelas Diah.
Keaktifan yang mengandung proses
belajar, dalam mematangkan mental dan fisik mahasiswa untuk terjun ke
masyarakatlah yang diharapkan. Diah menganggap tujuan sistem SKP itu adalah
untuk memberikan penghargaan atas partisipasi, kenang-kenangan, agar nantinya
aktivitas organisasi berlanjut eksistensinya.
“Yang salah bukan SKP, tapi beberapa
mahasiswa yang nggak sadar-sadar buat
ikhlas berorganisasi. Salah panitia juga, tiap ada acara isi “full skp”. Ngajarin nggak bener. SKP bukan solusi,
tapi perubahan paradigma orang tentang pentingnya sebuah kegiatan yang perlu
dilakukan,” tambah Diah. Adanya perbedaan bobot point ekstern dan intern dalam
setiap fakultas sering dipermasalahkan. Bahkan dianggap tidak fair. Namun, berbeda bagi Diah. “Kalau
masalah poin, lebih baik otonomi per fakultas aja. Pedomannya dari rektorat. Soalnya, kegiatan tiap fakultas kan beda-beda. Keperluannya juga
beda-beda. Kecuali untuk yang sifatnya umum pasti sama poinnya,” jelas Diah.
Pendapat yang sama juga diungkap Made
Arya Bhaskara Putra, mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas
Udayana. “Kalau menurutku dibedain. Karena setiap fakultas perlu untuk mengasah
soft skill yang beda-beda. Lagipula,
SKP udah disesuaikan juga. Kalau
sampai poin maksimal 200, skala pemberian SKP juga harus disesuaikan,” terang
Arya.
Namun, jika dibandingkan, organisasi
yang notabene memiliki rentang skala waktu yang lebih panjang dibandingkan
kepanitiaan ataupun seminar, rata-rata dalam tiap fakultas memiliki poin SKP
yang lumayan menjadikan sebuah ironi bagi mahasiswa. Contohnya saja, pada SKP
Fakultas Pertanian. Menurut buku pedoman pelaksanaan SKP fakultas Pertanian,
tertulis mahasiswa yang duduk dalam organisasi kemahasiswaan, yaitu: (a)
sebagai Ketua Umum HMJ mendapatkan nilai 2 SKP, (b) sebagai Ketua Umum Lembaga
Khusus Klorofil mendapatkan 2 SKP, (c) sebagai Ketua Umum BEM mendapatkan 3
SKP, (d) sebagai Ketua Umum BPM mendapatkan 4 SKP, sedangkan bagi yang duduk di
kepengurusan, baik untuk HMJ, Khlorofil, BEM, dan BPM masing-masing diberikan
penghargaan berturut-turut dengan bobot 1 SKP, 1 SKP, 2 SKP, 3 SKP. Sedangkan
untuk bobot dalam mengikuti kepanitiaan ataupun seminar adalah 1 SKP.
Bisa dibandingkan dengan kegiatan seminar,
kepanitiaan, dan sebagainya, dengan waktu yang jauh lebih singkat bisa
memperoleh banyak SKP. Cukup hanya duduk manis dalam tiga kali seminar, setara
dengan penghargaan untuk Ketua BEM. Tidak diragukan lagi akibat yang terjadi di
lapangan. Organisasi menjadi sepi peminat. Hanya dari kesadaran yang mempunyai
pemikiran ke depan yang bisa merubah pola pikir SKP instan tersebut. Sadar
bahwa SKP bukan semata sebagai prasyarat. Melainkan sebagai motivasi, media
untuk memacu, dan media untuk meningkatkan aktivitas supaya tumbuh soft skill yang berkualitas. (alit)
Komentar
Kan beda-beda juga masing2 kesibukan orang, gak semua bisa full time di kampus. banyak yg ortunya harus dirawat ato ad keperluan lain kan?
With a Baccarat game, all bets 카지노 are placed on the dealer's initial bet, and the dealer throws a ball into the hole. All febcasino bets must 인카지노 be placed